Pages

Rabu, 04 Juli 2012

Informasi Pendaftaran Pesantren Ramadhan


PROPOSAL KERJASAMA PELAKSANAAN
PESANTREN RAMADHAN
DI PONPES DARUL HIKMAH

IFTITAH



Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang sempurna dengan anugerah akal dan hati. Dengan akal yang cerdas dan hati yang bersih manusia akan mampu mencapai kesuksesan dalam hidupnya, di dunia dan akhirat.

Untuk menjadi manusia yang sukses tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan secara akademik atau IQ ( Intelligence Quotient ) saja. Orang yang sukses adalah yang bisa menyeimbangkan antara IQ ( Intelligence Quotient ), EQ ( Emotional Quotient ) dan SQ ( Spiritual Quotient ).

Puasa Ramadhan adalah merupakankan sarana bagi umat islam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sarana yang paling ampuh untuk menguji ketaatan kita kepada Allah dan kepedulian dengan sesama. Sarana terbaik untuk mengendalikan hawa nafsu.

Begitu besarnya menfaat dari puasa Ramadhan maka segenap umat islam di dunia dengan suka – cita menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan. Barbagai kegiatan keagamaan digelar secara merata baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Begitupun diberbagai instansi seperti kantor pemerintah, kampus, dan sekolah – sekolah.

Melaksanakan puasa Ramadhan adalah untuk memenuhi kewajiban sebagai orang beriman, dengan tujuan mencapai derajat taqwa. Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang – orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

BAGAIMANA DENGAN PESERTA DIDIK KITA . . . ?

Saat menjelang dewasa, anak mulai mencari identitas dirinya. Ia mulai berupaya mengenal kondisi fisik dan psikologis, serta memiliki suatu konsep diri hingga akhirnya mampu mengembangkan dirinya. Bila remaja tidak diarahkan sedini mungkin pada aktifitas yang menunjang tugas hidupnya, bisa jadi mereka terombang – ambing dan terjerumus ke dalam akses negatif pergaulan. Maka sudah semestinya para remaja islam dikembangkan kearah kepribadian bernuansa islami. Untuk melaksanakan hal itu perlu kerjasama seluruh komponen termasuk pengelola dan departemen pendidikan.

Pada bulan Ramadhan Departemen Pendidikan juga memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan menyambut bulan Ramadhan dengan istilah Pesantren Kilat. Tentunya pihak sekolah juga mempunyai kreativitas sendiri bagaimana melaksanakan kegiatan. Pesantren Kilat yang dilaksanakan di sekolah, biasanya terdapat beberapa kelemahan. Antara lain; siswa kurang bersemangat, KBM kelas lain akan terganggu, materi yang kurang menarik, banyak guru yang harus repot mengurus kegiatan, sarana yang kurang mamadai.

Berdasar pemikiran dan kenyataan di atas maka, Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Sleman Yogyakarta mencoba menawarkan kerjasama pelaksanaan Pesantren Ramadhan ( Sanlat ) yang tampil beda. Pesantren Ramadhan ini dirancang khusus dan diperuntukkan bagi peserta didik tingkat SMP dengan masa efektif pelaksanaan kegiatan 1 malam 2 hari setiap kelompok.

TEMA KEGIATAN : “ Dengan Pesantren Ramadhan Kita Tingkatkan Iman, Ilmu dan Amal untuk Meraih Derajad Muttaqin”

MENGAPA HARUS DI PONPES MODERN DARUL HIKMAH . . . ?

v   Ponpes Darul Hikmah memiliki fasilitas yang memadai berupa; Masjid kapasitas 500 orang, Ruang Asrama dan Aula yang luas.
v   Telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan bagi sekolah – sekolah (SMP) di wilayah Yogya selama 5 tahun.
v   Memiliki Team Work yang kompak dan semangat, kompeten dibidangnya, terdiri dari ustadz , guru dan karyawan.
v   Bisa memberikan suasana dan pengalaman baru bagi peserta (siswa) sehingga lebih semangat dalam mengikuti kegiatan.
v   Kegiatan dikemas dengan menyeimbangkan iman, ilmu dan amal dalam bentuk teori, pelatihan dan praktek ibadah.
v   Kontribusi tidak mahal tapi berkualitas. ( Bandingkan dengan seminar setengah hari dengan biaya Rp.100.000,-)

KAPAN WAKTU PELAKSANAANNYA . . . ?
Agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta berkualitas maka waktu pelaksanaan kegiatan dibatasi maksimal sampai tanggal 21 Ramadhan, yaitu : Klik Disini Untuk Melihat Waktu Pelaksanaan. Sekolah peserta dapat memilih waktu yang sesuai. Sekolah yang lebih dulu konfirmasi langsung ke Darul Hikmah berhak memilih waktunya.

BAGAIMANA CARA MENDAFTARKAN . . . ?

Sekolah calon peserta sudah harus mendaftar paling lambat 22 Juli 2012. Untuk konfirmasi / pendaftaran bisa langsung datang ke Kampus Terpadu Ponpes Darul Hikmah, Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 15, Sembung Purwobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, telp. (0274) 897 024.
 081 226 921 29 ( Dra.Hj.Sunarti,M.Pd. ).

BERAPA KONTRIBUSINYA . . . ?
Kontribusi sebesar Rp 75.000,- /siswa,dengan fasilitas :
v   Ta’jil, snack, makan (buka puasa) dan makan sahur
v   Asrama
v   Sertifikat
v   Tambah Ilmu, Pengalaman dan teman

APA SAJA MATERINYA . . . ?
Materi inti dalam kegiatan ini meliputi :
v   Refleksi Puasa Ramadhan
v   Bedah Film Risalah
v   Manajemen Qolbu dan Muhasabah
v   Quantum Akhlaq
v   Taddarus
v   Qiyamullail
v   Bimbingan Sholat

Baca Cuplikan Materinya Disini

BAGAIMANA METODENYA . . . ?

Kegiatan ini diseting dengan memanfaatkan dan menciptakan sumber belajar yang kondusif, bertempat di masjid dan aula pesantren.Penyampaian materi dilakukan dengan pendekatan belajar aktif dengan melibatkan seluruh peserta, memberi kepercayaan untuk berekspresi serta mendayakan potensi peserta untuk menciptakan pengalaman belajar yang disajikan dengan multimedia. Setiap kegiatan diawasi oleh pendamping yang akan mengevaluasi pelaksanaan kagiatan.


APA TUGAS SEKOLAH PESERTA . . .  ?

1.            Setelah mendaftar, membayar uang tanda jadi (DP)
2.            Melunasi biaya kontribusi paling lambat saat hari pelaksanaan
3.            Menyerahkan daftar peserta paling lambat 2 hari sebelum hari pelaksanaan
4.            Menugaskan maksimal 4 guru pendamping pada malam hari
5.            Ikut bertanggungjawab demi suksesnya program.
6.            Peserta wajib membawa perlengkapan harian, sholat dan mengaji.


SIAPA PEMATERINYA . . . ?

Pemateri dalam kegiatan Pesantren Ramadhan ini terdiri dari para guru dan ustadz Ponpes Darul Hikmah yang sudah berpengalaman, antara lain :
1.            Dra Hj. Sunarti,M.Pd.
2.            Thoni Nur Rifa’i, S.Pd.I
3.            Sumadi, S.Si
4.            Enung Hasanah,S.Pd.
5.            Eko Muryanto
6.            Ismoyo,S.Si.
7.            Dll

PENUTUP

Para siswa adalah generasi penerus bangsa kita. Generasi yang akan membawa kejayaan bangsa adalah yang memiliki keseimbangan antara Iman, Ilmu, dan Amal. Cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual. Bulan Ramadhan adalah momen yang sangat tepat untuk menggembleng para siswa sehingga menjadi pelajar yang ideal. Karena di bulan Ramadhan ini Rahmat Allah dicurahkan untuk umat yang beriman. Maka marilah kita memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan kegiatan positif di bulan Ramadhan ini.

Semoga Allah SWT meringankan langkah kita dan mempermudah urusan kita. Akhirnya bisa menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Amiin yaa rabbal ‘alamiin.

NB : Daftar Peserta Dapat dikirim  kesini 



Panitia Pesantren Ramadhan

Penanggungjawab                                                                   Ketua


Dra. Hj. Sunarti, M.Pd                                                            Sumadi,S.Si.

0 komentar:

Posting Komentar


close
Recent Comments Widget
peluang usaha