Pages

Rabu, 04 Juli 2012

Al-QUR’AN DAN FADHILAHNYA


Al-QUR’AN DAN FADHILAHNYA

Al-Qur’an secara harfiah adalah “bacaan sempurna “ yang merupakan nama pilihan Allah yang sungguh tepat, karena tiada suatu bacaan pun sejak manusia mengenal  baca-tulis lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an Al-Karim. Al-Qur’an layaknya sebuah permata yang memancarkan cahaya yang berbeda-beda sesuai dengan sudut pandang masing-masing

Allah telah menurunkan Al-Q ur’an dan menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber nasehat, obat petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.Dua puluh dua tahun dua bulan dan dua puluh dua hari lamanya, ayat-ayat Al-Qur’an silih berganti turun, dan selama itu pula Nabi Muhammad Saw, dan para sahabatnya tekun mengajarakan Al-Qur’an, dan membimbing umatnya. Sehingga, pada akhirnya, mereka berhasil membangun masyarakat yang terpadu ilmu dan iman, nur dan hidayah, keadilan dan kemakmuran di bawah lindungan ridha dan ampunan Ilahi

Al-Qur’an  adalah petunjuk-Nya yang apabila kita pelajari akan membantu kita menemukan nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman bagi kita dalam menyelesaikan berbagai masalah. Dan banyak sekali fadhilah atau keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam Al-Qur’an yang tidak bisa penulis utarakan satu persatu, namun  saya akan mencoba menyebutkan sebagian keutamaan Al-Qur’an berdasarkan dalil-dalil naqli.
Di antara fadhilah –fadhilah Al-Qur’an adalah sebagai berikut :
1.      Barangsiapa beriman dan beramal dengan Al-Qur’an, niscaya Allah akan mengangkat derajat dan memuliakannya di dunia dan dia kherat .Dan Allah menghinakan siapapun yang tidak beramal dengannya.
“ Dari Umar bin Khottob ra. Bersabda rasulullah Saw, “sesungguhnya Allah SWT mengangkat derajat beberapa kaum dengan Al-Qur’an ini dan merendahkannya  yang lainnya dengannya pula (Muslim).
2.      Sebaik-baik orang adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.
“ Dari Utsman ra, Rasulullah Saw bersabda, “ Sebaik-baik kamu adalah orang yang  belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah).
3.      Setiap bagian amalan ketika membaca  satu  huruf dalam Al-Qur’an tergolong satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan Allah melipatgandakan pahala.
“Dari Ibnu Mas’ud ra, bersabda Rasulullah Saw, “ Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu hasanah (kebaikan). Dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa (      الم        ) alif laam miim satu huruf tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR.Tirmidzi).
4.      Dalam surat Al-fatihah terdapat obat untuk segala macam penyakit.
“ Dari Abdul Malik bin Umair (secara mursal) berkata, Rasulullah Saw bersabda. “ dalam Al-Fatikhah terdapat obat untuk segala penyakit’ (HR. darami, Baihaqi, Syubhul Iman).
5.      Dalam surat Al-Mulk, ia akan memberi syafa’at kepada seseorang, sehingga ia di ampuni.
Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Saw, bersabda,sesungguhnya ada satu surat dalam Al-Qur’an yang berisi tiga puluh ayat. Ia akan memberi syafa’at kepada seseorang, sehingga ia diampuni , yaitu surat Tabarakalladzii biyadhil mulku”. (HR. Abu Dawud, Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah, Hakim).
Dan masih banyak lagi fadhilah-fadhilah yang terkandung dalam Al-Qur’an. Dan satu hal yang perlu diingat bahwa menghafal beberapa ayat-ayat Al-Qur’an secara tartil untuk dapat menunaikan shalat hukumnya fardhu ‘ain, Sedangkan menghafal seluruh ayat Al-Qur’an , hukumnya fardhu kifayah, jika tidak ada seorangpun yang hafizh Al-qur’an, maka seluruh kaum muslimin akan berdosa.

0 komentar:

Posting Komentar


close
Recent Comments Widget
peluang usaha